Cerpen / KURANG KASIH SAYANG

Pada suatu hari ada seorang anak yang meresah gemerung. Dia terlihat cuek dihadapan orang,terkadang dia terlalu overprotektif. Dia ingin selalu diperhatikan oleh orang lain, ingin sesalu di manja-manja. Dia tidak ingin selalu disalahkan selalu ingin menang sendiri, dan ingin selalu di puji orang lain. Dia tinggal dirumah nya bersama kakak kandung dan nenek nya. Kakak nya perempuan sama laki-laki . kakak perempuan nya jahat sekali sama dia, sebaliknya kakak laki-laki dia sangat baik ,bisa mengerti keadaan apapun. kakak perempuan nya  dia sangat galak cerewed suka marahin dia. Dia satu sekolah sama kakak nya. kalau di sekolah dia tidak saling bertanya, pokoknya kaya tidak musuh, kaya orang yang tidak kenal. kakaknya selalu dibenci oleh teman-teman sekelasnya karena Dia sombong selalu ria,selalu ingin diperhatikan. Dia kalau sedang belajar sealau melamun, tidak kosentrasi. Kalau sedang olahraga dia selalu senyum-senyum sendiri, pokoknya selalu menyendiri. waktu itu pas olahraga nya ada gebetan si Dia, kelas TKR TSM. ditambah dia terus kecentilan. Jadi atuh bahan pembicaraan orang, teman-teman pada ngomongin dia. Kalau diajak kemana-mana pun dia selalu semngat siap katanya. Tapi teman aku pun gengsi katanya, kalau bersamaan sama dia. Karena dia selalu malu-maluin dan kecentilan gak jelas. Dikemudian hari dia selalu merenung di kelas. Orang-orang pada ngegosip main-main apalah ,dia pun sendiri duduk di bangku sendiri,sambil mainin handphone. Kalau jajan dia salalu ingin diantar oleh temanya, sedangkan teman-temanya tidak mau. Karena Dia kadang memalukan ,terlalu centil kalau ketemu sama laki-laki. Ternyata dia banyak cowo nya dibanding teman-teman nya yang aktif, yang sehari-hari selalu keluar. Dia melebihi teman-temanya sekaligus. aku pun terkalahkan haha…….

Aku kadang ke Dia benci,kadang kasian, khawatir lah. Dia kalau ditanya Guru selalu tidak menjawab seperti susah ngomong,selalu gugup. Dia tidak pernah mengerjakan tugas .Ingin menang sendiri. Teman-temanya udah pada ngumpulin, dia malah asik-asik sendiri . senyum senyum sambil main hp, teman-temanya pada nanya ,nyangka nya sih dia udah ngerjain ternyata belum. Jadi guru pada ngomongin deh. jadi teman sekelas pun benci,jengkel sama dia karena kelas pun jadi kebawa bawa.  kelas pun dipandang tidak baik. Bahkan sekaligus mencemar kemana-mana. Beberapa hari kemudian Dia tidak masuk sekolah karena takut pada guru tersebut. Aku pun sedikit kesal sama dia ,teman-teman pun sangat benci sekali jengkel katanya. kalau di omongan dia selalu tidak nurut malah senyum-senyum ,kadang tidak di dengar. Dia selalu menjadi bahan omongan orang lain.

Dia mikir ,ternyata bahan omongan orang lain itu tidak enak. Dia langsung minta maaf kepada guru tersebut secara perlahan. Dia menangis benar-benar minta maaf kepada guru tersebut. Guru tersebut pun sedikit kesal sama dia karena dia gak pernah sekali mengerjakan tugas kalau diberi tugas oleh guru tersebut. meskipun hati guru sangat benci sama dia, guru itu mau meminta maaf nya, itu sih karena kasian . Beberapa hari Dia tidak sekolah ,kurang lebihy satu minggu. Alasan nya kadang sakit, kadang izin apalah dan seterusnya. Dia bimbang antara dilanjutkan sekolah atau tidak, karena dia selalu cape dengan kehidupan nya . Itulah anak Broken Home. Selalu saja anak jadi korban. Dia katanya lelah menghadapi keluarganya. Tapi aalhamdulillah dia masih punya kakak yang baik ,yang selalu ngertiin dia disaat keadaan apapun. kalau sekolah pun dia selalu diberi uang oleh kakak tersebut. Dan pada akhirnya dia  rencana pindah sekolah , karena dia tidak nyaman oleh teman-teman sekelasnya, dan oleh kakak nya perempuan itu yang galak. Dia pindah jauh dari rumahnya, dia tinggal di rumah bersama ayah nya dan sambil bersekolah disana . Aku pun sedih, sedikit mengagumi ,kecewa  kasian segala macam. Karena dia mengakui kesalahan nya kepada teman-teman dan Dia minta maaf ke semua teman-teman nya .Katanya “maafin aku , aku selalu ceroboh aku selalu minta makanan kepada kalian,aku suka minjam barang-barang yang tidak sengaja, maafin kata-kata aku kalau ada yang tersinggung”. Teman-teman terharu ,sedikit sedih mendengar curhatan itu. Itu nya saja yang salah kalau diajak main,diajak gaul suka tidak mau, dan diajak  main suka nyebelin, selalu saja bahan omongan orang. Itulah yang nama nya Broken Home 

Share:
NINA MUTMAINAH

Peserta Didik PKBM AL-FATTAH