Sejarah


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan suatu wadah dimana seluruh kegiatan belajar masyarakat dalam rangka peningkatan pengetahuan, keterampilan/keahlian, hobi, atau bakatnya yang dikelola dan diselenggarakan sendiri oleh masyarakat. PKBM adalah sebagai wahana untuk mempersiapkan warga masyarakat agar bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk dalam hal meningkakan pendapatannya. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah pendidikan masyarakat serta kebutuhan akan pendidikan masyarakat, definisi PKBM terus disempurnakan terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan lembaga, sasaran, kondisi daerah serta model pengelolaan.

Berawal 10 Juli 1997 dibentuk Kejar Paket B setara SMP yang bertempat di MI-Al-khoeriyah Cisitu Kaler Kalimanggis Kecamatan Manonjaya, dengan Jumlah 48 warga belajar. Setelah itu, pada tanggal 01 Juli 2000, didirikan PKBM dengan nama “PKBM AL-RUZHAN” yang berlokasi di SMP AL-RUZHAN Kp. Pasirpanjang Kalimanggis Kecamatan Manonjaya.

Di awal tahun 2001 Kegiatan PKBM AL-RUZHAN pindah kembali ke daerah Cisitu Kaler dengan alasan :

a. Belum mempunyai sekretariat

b. Belum mempunyai tempat belajar

c. Warga belajarnya kurang

d. Ruangan yang ada, baru 2 lokal semuanya digunakan SMP Islam Plus AL-RUZHAN.

Pada Tanggal 10 Mei 2002 PKBM AL-RUZHAN berganti nama menjadi PKBM AL-FATTAH. Pemberian nama tersebut diberikan oleh Dosen Universitas Siliwangi sekaligus Suami dari Ibu H. Ecin Kuraesin, M.Pd (Penilik TK, SD, PLS) yang sampai saat ini masih tetap menjadi Penilik di Kecamatan Manonjaya. Al-Fattah mempunyai arti Maha Pembuka Kebaikan dan Pemberi Keputusan. Semoga PKBM AL-FATTAH akan senantiasa memberikan keberkahan bagi kita Semua. Aamiin.

Alhamdulillah sampai saat ini proses kegiatan pembelajaran dari tahun ketahun meningkat baik di keaksaraan, kesetaraan, maupun program life skill lainnya. Dan itu semua tak lepas dari kerjasama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, PP Dikmas Jayagiri Lembang, Dinas Pendidikan Kab. Tasikmalaya, Mitra PKBM Lainnya serta team yang solid sehingga berjalannya semua program di PKBM AL-FATTAH.